MAN 3 Medan Gelar Matsama

Kepala Sekolah Madrasah Ali­yah Negeri (MAN) 3 Medan, Nurkholidah Lubis, MPdI me­min­ta peserta didik baru sekolah itu mentaati dan mematuhi sega­la peraturan yang ada, rajin be­lajar dan penuh disiplin. Dengan de­mikian, peserta didik baru bisa menjadi anak-anak yang soleh dan solehah seperti harapan para orangtua.

Nurkholidah Lubis menyam­paikan permintaan ini di sela-sela Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) hari perta­ma yang dilaksanakan di hala­man sekolah MAN 3 Medan Jalan Pertaha­nan, Patumbak, Kamis (11/7). Pem­bu­kaan Mat­sa­ma dilakukan de­ngan upacara dan diawali doa ber­sama.

Hadir dalam kesempatan ter­sebut, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama (Kabid Penmad Kanwil Kemenag) Sumut), H.Mustafid. Unsur Babinsa setempat juga tu­rut berbaur bersama para guru MAN 3 Medan. Tercatat seba­nyak 396 peserta didik baru MAN 3 Medan mengikuti pembukaan Matsama yang berlangsung sela­ma tiga hari.

Kepada peserta didik baru­nya, Nurkholidah yang juga pe­ngurus teras MUI Kota Medan ini, meminta agar mereka benar-benar mengikuti pelak­sanaan Matsama dengan baik.

Sebab, pelaksanaan Matsama merupakan perkenalan bagi sis­wa/i baru, antara lain terhadap lingkungan sekolah, para guru atau tenaga pendidik serta te­man-teman mereka sesama pe­serta di­dik baru.

Dengan mengikuti Matsama, diha­rap­kan siswa/i baru itu nanti dapat beradaptasi, baik dengan lingkungan sekolah, guru-guru dan juga teman-teman mereka. Dengan demikian, saat masuk pe­lajaran awal semester nanti, mereka tidak lagi kebingungan.

Pe­laksanaan Matsama hari pertama dibuka Kabid Penmad Kanwil Ke­menag Sumut, H. Mus­tafid sekali­gus ber­tindak se­bagai pembina upa­cara.

Mustafid meminta pe­serta didik baru memanfaatkan pe­lak­sanaan Matsama dengan baik, gu­na mengenal lingkugan seko­lah dan juga teman-teman baru.

Diharapkan peserta didik baru dapat menjadi siswa/i MAN 3 Medan yang lebih baik dari senior-seniornya terda­hulu. Mampu mengangkat harkat dan martabat sekolah di mana pun berada serta membanggakan orangtua.

Menurutnya, ada enam syarat yang harus dilakukan bila peserta didik ingin berhasil dalam pendidi­kannya. Persya­ratan tersebut adalah cerdas, memiliki kemau­an dan semangat, sabar, mempu­nyai biaya, ada guru atau tenaga pen­didik serta memiliki belajar waktu yang cukup.

Dengan menguasai ke-6 per­syaratan tersebut sebagaimana yang pernah diutarakan Imam Syafi’i, lanjutnya, maka siswa/i MAN 3 Medan akan menjadi orang-orang yang berhasil di bi­dangnya dan menjadi generasi pene­rus bangsa yang bisa dibang­gakan di mana pun mereka ber­ada.

Pembukaan Matsama dime­riahkan pertunjukan kebolehan marching band sekolah dan ber­bagai hiburan dengan menampil­kan aneka kegiatan eks­kul seko­lah. (rel/rama)